Agama yang Diakui di Indonesia

Agama yang Diakui di Indonesia – Ada 6 Agama yang Diakui di Indonesia, yaitu agama Islam, Kristen Protestan, Hindu, Buddha, Katolik dan Kong Hu Cu. Masing-masing agama memiliki cara berebeda dalam menjalankan ibadah mereka. Tiap agama memiliki tempat ibadah dan kita suci yang berbeda pula.

Kitab Suci dan Tempat Ibadah Agama yang Diakui di Indonesia

1. Agama Islam

Kitab suci Agama Islam adalah “Al-Qur’an“. Terdiri dari beberapa bagian yang disebut dengan surah. Terdapat 114 surah dalam AL-Qur’an, yang mana dalam setiap surah terdapat beberapa ayat. Sebagai contoh, AL Baqarah adalah surah terpanjang yang memiliki 286 ayat. Sedangkan untuk surah yang terpendek berisikan 3 ayat seperti surah Al Kautsar.

Agama islam termasuk salah satu agama besar di dunia dan merupakan agama dengan jumlah penganut terbesar di Indonesia. Berdasarkan pada hasil sensus tahun 2010, 87,18% dari 237.641.326 penduduk Indonesia adalah pemeluk Islam.

Tempat ibadah bagi penganut agama Islam adalah Masjid. Setiap harinya mereka menjalankan sholat wajib sebanyak 5 kali di Masjid.Agama yang Diakui di Indonesia

2. Agama Kristen Protestan

Kitab suci Agama Kristen Protestan adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 66 kitab (39 kitab Perjanjian Lama dan 27 kitab Perjanjian Baru).

Agama Kristen juga merupakan agama yang besar dan memiliki jumlah pemeluk yang berjumlah besar di dunia. Di Indonesia sendiri, menurut hasil sensus 2010, jumlah pemeluk agama Kristen di Indonesia mencapai 6,96% dari 237.641.326 jumlah penduduk.

Tempat ibadah bagi pemeluk agama Kristen Protestan adalah Gereja.

3. Agama Katolik

Kitab suci Agama Katolik adalah “Alkitab“, yang terdiri dari 72 kitab (Perjanjian Lama terdiri dari 46 kitab sedangkan Perjanjian Baru terdiri dari 27 kitab).

Jumlah pemeluk agama Katolik di Indonesia berdasar hasil sensus tahun 2010 mencapai 2,9% dari 237.641.326 jumlah penduduk.

Tempat ibadah bagi pemeluk agama Katolik adalah Gereja,Kapel.

4. Agama Hindu

Kitab suci Agama Hindu adalah Weda, yang biasa disebut juga dengan nama Catur Weda, yaitu Regweda, Yajurweda, Samaweda dan Atharwaweda.

Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 1,69% dari 237.641.326 jumlah penduduk.

Tempat ibadah bagi pemeluk agama Hindu adalah Pura.

5. Agama Buddha

Kitab suci Agama Buddha adalah Tripitaka.

Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 0,72% dari 237.641.326 jumlah penduduk.

Tempat ibadah bagi pemeluk agama Buddha adalah Vihara.

6. Agama Kong Hu Cu

Kitab suci Agama Kong Hu Cu dibagi ke dalam beberapa kelompok, yaitu sebagai berikut :

  • Wu Jing (Kitab Suci yang Lima), terdiri dari : Kitab Sanjak Suci (Shi Jing), Kitab Dokumen Sejarah (Shu Jing), Kitab Wahyu Perubahan (Yi Jing), Kitab Suci Kesusilaan (Li Jing), Kitab Chun-qiu (Chunqiu Jing).
  • Si Shu (Kitab Yang Empat), terdiri dari : Kitab Ajaran Besar (Da Xue), Kitab Tengah Sempurna (Zhong Yong), Kitab Sabda Suci (Lun Yu), Kitab Mengzi (Meng Zi).
  • Xiao Jing (Kitab Bhakti)

Jumlah pemeluk agama Hindu di Indonesia berdasarkan hasil sensus tahun 2010 mencapai 0,05% dari 237.641.326 jumlah penduduk.

Tempat ibadah bagi pemeluk agama Kong Hu Cu adalah Litang / Klenteng.

Demikianlah informasi Agama yang Diakui di Indonesia dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Agama yang Diakui di Indonesia | admin | 4.5
Leave a Reply