Bunga Tabungan dan Pajak

Bunga Tabungan dan Pajak – Materi Matematika SMP Kelas 7 yang akan dibahas sekarang oleh admin tarokutu.com adalah Bunga Tabungan dan Pajak. Sebelumnya sudah dipaparkan tentang Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto.

Apakah anda punya tabunga di bank? kalau iya, anda tentunya biasa melihat pada buku tabungan anda ada tambahan saldo setiap bulannya. Itu yang kita kenal dengan nama Bunga tabungan. Biar anda lebih paham lagi, Berikut penjelasan lengkap Bunga Tabungan dan Pajak.

Bunga Tabungan dan Pajak

Bunga Tabungan dan Pajak

 

1. Bunga Tabungan

Apabila kita menyimpan uang di bank, maka kita akan mendapatkan tambahan uang yang disebut bunga. Bunga tabungan dihitung berdasarkan persen nilai. Bunga tabungan dihitung secara periodik, misalnya sebulan sekali atau setahun sekali. Ada dua jenis bunga tabungan, yaitu bunga tunggal dan bunga majemuk. Bunga tunggal adalah bunga yang dihitung hanya berdasarkan besarnya modal saja, sedangkan bunga majemukadalah bunga yang dihitung berdasarkan  besarnya  modal  dan  bunga.  Pada  pembahasan  ini kita hanya akan mempelajari mengenai bunga tunggal.

Contoh Soal

Vega menyimpan uang di bank sebesar Rp 2.000.000,00 dengan suku bunga 18% setahun dengan bunga tunggal.

Tentukan

a. besarnya bunga pada akhir bulan pertama;

b. besarnya bunga pada akhir bulan keenam;

c. besarnya uang setelah 2 tahun.

2. Pajak

Perhatikan setiap ibu kalian membayar pajak listrik. Pajak tersebut biasanya dibayarkan setiap bulan. Perhatikan pula saat kalian membeli barang, di setiap kemasannya biasanya tertera tulisan harga ini s udah termasuk pajak. Jadi, menurut kalian, apa sebenarnya pajak itu? Pajak adalah suatu kewajiban yang d ibebankan kepada masyarakat untuk menyerahkan sebagian kekayaan kepada negara menurut peraturan-peraturan yang telah ditetapkan pemerintah. Jadi, pajak bersifat mengikat dan memaksa. Banyak sekali jenis-jenis pajak, antara lain Pajak Bumi dan Bangunan (PBB), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Penghasilan (PPh). Perhitungan nilai pajak akan kalian pelajari pada bagian ini.

Contoh Soal

Pak Putu memperoleh gaji Rp 950.000,00 sebulan dengan penghasilan tidak kena pajak Rp380.000,00. Jika pajak penghasilan (PPh) diketahui 10%, berapakah besar gaji yang diterima Pak Putu per bulan?Contoh-Soal-Pajak

Baca :

Demikianlah info singkat tentang Bunga Tabungan dan Pajak dari admin tarokutu.com yang merupakan bagian materi pelajaran Matematika SMP Kelas 7. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca setiap tarokutu.com. Jangan lupa lihat juga Aritmetika Sosial dalam Kegiatan Ekonomi[tu]

Bunga Tabungan dan Pajak | admin | 4.5