Busur Juring dan Tembereng

Busur Juring dan Tembereng – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi tentang Busur Juring dan Tembereng, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Luas TemberengPada pembahasan ini kita akan mengupas secara umum materi matematika tentang Busur, Juring dan Tembereng. Baiklah langsung saja kita lihat penjelasan lengkap Busur, Juring, dan Tembereng.

Busur Juring dan Tembereng

Busur Juring dan Tembereng

 

1. Busur

Busur lingkaran adalah garis lengkung yang terletak pada lengkungan lingkaran dan menghubungkan dua titik sebarang di lengkungan tersebut. Pada gambar di atas, garis lengkung AC (ditulis ) merupakan busur lingkaran. Busur lingkaran dibagi menjadi 2, yaitu busur kecil dan busur besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya busur lingkaran. Ini berarti yang dimaksud adalah busur kecil. Sedangkan Tali Busur lingkaran adalah garis lurus dalam lingkaran yang menghubungkan dua titik pada lengkungan lingkaran. Pada gambar diatas garis lurus AC merupakan tali busur. Untuk penjelasan lebih detail tentang busur, bisa dilihat pada Panjang Busur.

2. Juring

Juring adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh dua buah jari-jari lingkaran dan sebuah busur yang diapit oleh kedua jari-jari lingkaran tersebut. Pada gambar di atas, yang termasuk juring adalah AOB. Seperti busur dan tembereng, juring juga dibagi menjadi 2, yaitu juring kecil dan juring besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya juring saja. Ini berarti yang dimaksud adalah juring kecil. Untuk pembahasan lebih lanjut tentang juring lihat di Luas Juring Lingkarang.

3. Tembereng

Tembereng adalah luas daerah dalam lingkaran yang dibatasi oleh busur dan tali busur. Yang berwarna kuning merupakan tembereng yang dibatasi oleh busur dan tali busu AC. Tembereng dibagi menjadi 2, yaitu Tembereng kecil dan Tembereng besar. Pada umumnya, istilah dalam buku hanya Tembereng. Ini berarti yang dimaksud adalah Tembereng kecil. Untuk informasi lebih mendalam lihat pada bagian Luas Tembereng.

Demikianlah penjelasan singkat dan padat tentang Busur Juring dan Tembereng dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca setia situs rumusmatematika.net. Jangan lupa lihat juga tentang Panjang Busur dan Luas Juring Lingkaran.

Busur Juring dan Tembereng | admin | 4.5