Enzim pada Lambung Manusia

Thursday, July 20th, 2017 - Biologi

Enzim pada Lambung – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi informasi mengenai Enzim pada Lambung Manusia. Lambung merupakan salah satu organ vital dalam sistem pencernaan manusia. Fungsi lambung secara umum yaitu sebagai tempat untuk menampung dan mengolah makanan agar menjadi bagian yang lebih sederhana sehingga mampu diserap oleh usus halus. Dalam proses pengolahan atau mencerna makanan tersebut lambung menghasilkan beberapa enzim, yaitu pepsin, lipase dan renin.Enzim pada Lambung Manusia

Enzim pepsin merupakan enzim pada lambung yang berfungsi untuk mengubah protein menjadi pepton. Pepsin dihasilkan oleh kelenjar lambung berupa pepsinogen, kemudian bereaksi dengan asam lambung menjadi pepsin. Protein yang masuk ke saluran pencernaan adalah senyawa dengan susunan molekul yang kompleks sehingga harus disederhanakan menjadi molekul yang lebih sederhana (pepton) oleh enzim pepsin sehingga mudah diserap oleh tubuh.

Enzim lipase merupakan enzim pada lambung yang berfungsi untuk mengubah zat lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Seperti hal nya dengan protein, lemak juga terdiri dari molekul kompleks yang harus disederhanakan menjadi molekul yang lebih sederhana yaitu berupa asam lemak dan gliserol sehingga lambung mudah untuk mencernanya yang nantinya akan diserap oleh usus halus.

Enzim renin merupakan enzim pada lambung yang berfungsi untuk mengendapkan zat kasein dari air susu. Kasein adalah protein yang terkandung di dalam susu (sering disebut keju). Enzim Renin yang dihasilkan oleh dinding lambung ini berperan untuk mengendapkan kasein agar semua nutrisi di dalam air susu dapat dicerna dan diserap oleh tubuh.

Selain enzim pada lambung yang telah disebutkan di atas, dalam proses pencernaan makanan lambung juga dibantu oleh asam lambung (HCL). Asam lambung ini berfungsi sebagai desinfektan atau pembunuh kuman penyakit yang masuk ke lambung. Selain itu asam lambung juga berfungsi untuk melindungi dinding lambung, mengubah pepsinogen menjadi enzim pepsin, menetralisir makanan yang bersifat alkali yang masuk ke lambung, dan mengubah kelarutan dari garam mineral.

HCL yang secara terus-menerus diproduksi oleh lambung meskipun tidak ada makanan masuk akan dapat menyebabkan penyakit asam lambung atau maag, yang dapat mengiritasi dinding lambung. Hal ini jika terjadi terus-menerus dalam jangka panjang dapat beresiko menyebabkan kanker lambung, oleh karenanya penting untuk selalu makan secara teratur dan tepat waktu.

Demikianlah info Enzim pada Lambung dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Enzim pada Lambung Manusia | admin | 4.5
Leave a Reply