Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dan Partai Indonesia Raya (Parindra)

Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dan Partai Indonesia Raya (Parindra) – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi tentang Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dan Partai Indonesia Raya (Parindra).

Gabungan Politik Indonesia (GAPI)

Gabungan Politik Indonesia (GAPI) adalah suatu organisasi payung dari partai-partai dan organisasi-organisasi politik. GAPI berdiri pada tanggal 21 Mei 1939 di dalam rapat pendirian organisasi nasional di Jakarta. Walaupun tergabung dalam GAPI, masing-masing partai tetap mempunyai kemerdekaan penuh terhadap program kerjanya masing-masing dan bila timbul perselisihan antara partai-partai, GAPI bertindak sebagai penengah. Untuk yang pertama kali pimpinan dipegang oleh Muhammad Husni Thamrin, Mr. Amir Syarifuddin, Abikusno Tjokrosujono.Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dan Partai Indonesia Raya (Parindra)

Inisiatif datang dari Thamrin, tokoh perindra, untuk membentuk suatu badan konsentrasi nasional. karena Melihat gelagat internasional yang semakin genting serta memungkinkan keterlibatan langsung Indonesia dalam perang, maka pembentukan badan ini terasa sangat mendesak, antara lain untuk memupuk rasa saling menghargai serta kerja sama untuk membela kepentingan rakyat.

TekananPemerintahan Kolonial Belanda mengakibatkan PPPKI sebagai suatu federasi  tidak dapat menjalankan fungsinya. Oleh karena itu, dalam rapat pendirian Concentrasi Nasionalyang diadakan tanggal 21 Mei 1939 di Batavia, didirikan GAPI, sebuah federasi baru. Yang menjadi anggotanya adalah Parindra, Gerindro, Pasundan, Persatuan Minahasa, PSII, PII, dan Partai Katolik. Yang menjadi latar belakang berdirinya GAPI adalah:

  • kegagalan Petisi Sutardjo,
  • kegentingan nasional akibat timbulnya bahaya fasis, dan
  • sikap pemerintah kolonial Belanda yang kurang memperhatikan kepentingan Bangsa Indonesia.

Di dalam anggaran dasarnya, GAPI mencantumkan hak untuk menentukan sendiri, persatuan nasional, dan persatuan aksi seluruh pergerakan Indonesia. Semboyan yang dikumandangkan dalam konferensi pertamanya tanggal 4 Juli 1939 adalah Indonesia berparlemen. GAPI mengeluarkan pernyataan yang dikenal dengan nama Manifesto GAPI yang isinya menyerukan kepada semua pihak untuk waspada terhadap bahaya fisis. Untuk pertama kalinya, GAPI dipimpin oleh M.H. Husni Tamrin, Amir Syarifuddin, dan Abikusno  Tjokrosujono.

Baca :

Partai Indonesia Raya (Parindra)

Adanya tekanan terhadap organisasi politik non cooperativeoleh pemerintah kolonial  Belanda, menyebabkan Studie Club mulai memfungsikan dirinya dalam membina kader-kader  bangsa. Karena itulah,Indonesische Studie Club Surabayayang dipimpin oleh dr. Sutomo mulai  mengembangkan pengaruhnya di kalangan masyarakat. Diubahlah Indonesische Studie Club menjadi Persatuan Bangsa Indonesia (PBI) pada tahun 1931. PBI merupakan salah satu cikal  bakal dari Parindra. [tu]

Gabungan Politik Indonesia (GAPI) dan Partai Indonesia Raya (Parindra) | admin | 4.5