Makna Sejarah Proklamasi

Makna Sejarah Proklamasi – Menurut kalimat-kalimat yang terdapat di dalam teks Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 berisi suatu pernyataan kemerdekaan yang memberi tahu kepada bangsa Indonesia sendiri dan kepada dunia luar, bahwa saat itu bangsa Indonesia telah merdeka, lepas dari penjajahan. Bangsa Indonesia benar-benar telah siap untuk mempertahankan kemerdekaan yang telah diproklamasikannya itu, demikian juga siap untuk mempertahankan negara yang baru didirikan tersebut.

Makna Sejarah Proklamasi

Makna Sejarah Proklamasi

 

Hal itu ditunjukkan oleh kalimat pertama pada naskah proklamasi yang berbunyi: “Kami banga Indonesia, dengan ini menyatakan kemerdekaan  Indonesia”. Apabila ditelaah, maka proklamasi kemerdekaan itu mengandung beberapa  aspek:

  • Dari sudut Ilmu Hukum, maka proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan  bangsa Indonesia telah menghapuskan tata hukum kolonial untuk pada saat itu juga  digantikan dengan tata hukum nasional (Indonesia).
  • Dari sudut politik-ideologis, maka proklamasi atau pernyataan yang berisikan keputusan  bangsa Indonesia telah berhasil melepaskan diri dari segala belenggu penjajahan dan  sekaligus membangun perumahan baru, yaitu perumahan Negara Proklamasi Republik  Indonesia yang bebas, merdeka dan berdaulat penuh.
  • Proklamasi Kemerdekaan ialah suatu alat hukum internasional untuk menyatakan  kepada rakyat dan seluruh dunia, bahwa bangsa Indonesia mengambil nasib ke dalam  tangannya sendiri untuk menggenggam seluruh hak kemerdekaan yang meliputi bangsa,  tanah air, pemerintahan dan kebahagiaan rakyat.
  • Proklamasi sebagai dasar untuk meruntuhkan segala hal yang mendukung kolonialisme,  imperialisme dan selain itu proklamasi adalah dasar untuk membangun segala hal yang  berhubungan langsung dengan kemerdekaan nasional.
  • Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 juga dapat dipandang sebagai puncak  perjuangan rakyat Indonesia dalam mencapai kemerdekaannya. Perjuangan rakyat  tersebut telah mengorbankan harta benda, darah dan jiwa yang berlangsung sudah  sejak berabad-abad lamanya untuk membangun persatuan dan kesatuan serta merebut  kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah.
  • Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945 bertujuan untuk kebahagiaan seluruh rakyat  Indonesia. Agar kita bahagia, antara lain harus ada kesamaan diantara kita semua  meliputi berbagai bidang misalnya bidang ideologi, bidang politik, bidang ekonomi,  bidang hukum, bidang sastra kebudayaan, pendidikan dan lain-lain.

Baca : Sejarah Latar Belakang Konflik Indonesia-Belanda

Dengan berhasil diproklamirkannya kemerdekaan, maka bangsa dan negara Indonesia telah  lahir sebagai bangsa dan negara yang merdeka, baik secara de faktomaupun secara de yure.

Demikianlah info Makna Sejarah Proklamasi dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Makna Sejarah Proklamasi | admin | 4.5