Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan

Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi tentang Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari Dua Bilangan atau Lebih.

Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan

Di depan kalian telah mengetahui cara menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan atau lebih dengan mencari kelipatan dan faktor dari masing-masing bilangan. Selain dengan cara tersebut, kita dapat menentukan KPK dan FPB dari dua bilangan atau lebih dengan terlebih dahulu menentukan faktorisasi prima masing-masing bilangan itu.

Perkalian semua faktor-faktor prima dari suatu bilangan disebut faktorisasi prima.

Contoh Soal

Tentukan KPK dan FPB dari 36 dan 40 dengan cara memfaktorkan.

Penyelesaian:

36 = 2² x 3²

40 = 2³ x 5

Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari 36 dan 40 diperoleh dengan mengalikan semua faktor. Jika ada faktor dengan bilangan pokok yang sama, seperti 2² dan 2³, pilih pangkat yang tertinggi yaitu 2³. Jadi, KPK dari 36 dan 40 = 2³ x 3² x 5 = 360.

Adapun Faktor Persekutuan Terbesar (FPB) dari 36 dan 40 diperoleh dengan mengalikan faktor dengan bilangan pokok yang sama, dengan pangkat terendah. Jadi, FPB dari 36 dan 40 = 2²= 4.

Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

  • Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) diperoleh dengan cara mengalikan semua faktor . Jika ada faktor dengan bilangan pokok yang sama, pilih pangkat yang tertinggi.
  • Faktor Persekutuan T erbesar (FPB) diperoleh dengan cara mengalikan faktor yang sama dengan pangkat terendah.

Soal Latihan

Untuk lebih memperdalam pengetahuan dalam Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan, kerjakan soal latihan berikut ini!

Tentukan KPK dan FPB dari soal-soal di bawah ini:

1. 8 dan 24                                 6.   6, 14 dan 26

2. 15 dan 45                               7. 25, 35 dan 50

3. 12 dan 30                               8. 8, 12 dan 20

4.   100 dan 250                         9. 9, 15 dan 30

5.   30 dan 70                             10. 24, 30 dan 55

Demikianlah info singkat tentang Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan para pembaca setia rumusmatematika.net. Jangan lupa lihat juga Faktor Suatu Bilangan dan Faktor Persekutuan Terbesar (FPB).

Menentukan KPK dan FPB dari Dua Bilangan atau Lebih dengan Memfaktorkan | admin | 4.5