Pengertian Pecahan Senilai

Pengertian Pecahan Senilai – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi tentang Pengertian Pecahan Senilai yang merupakan materi Matematika SMP Kelas 7. Sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Pengertian Bilangan Pecahan.

Pengertian Pecahan Senilai

Untuk lebih mudah memahami pengertian pecahan senilai, silahkan perhatikan gambar di bawah ini.Pengertian Pecahan Senilai

Pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang bernilai sama.

Pada gambar di atas, luas daerah yang diarsir pada Gambar A menunjukkan ¼ dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir pada Gambar B menunjukkan 2/8 dari luas lingkaran, luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 3/12 dari luas lingkaran dan luas daerah yang diarsir dari Gambar C menunjukkan 4/16 dari luas lingkaran.

Dari keempat gambar di atas, terlihat bahwa daerah yang diarsir memiliki luas yang sama. Oleh karena itu, pecahan ¼ = 2/4 = 3/13 = 4/16. Selanjutnya, pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16 dikatakan sebagai pecahan-pecahan senilai. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pecahan senilai adalah pecahan-pecahan yang bernilai sama. Bagaimana menentukan pecahan senilai?

Sekarang perhatikan pecahan-pecahan ¼, 2/8, 3/12, dan 4/16. Pecahan-pecahan tersebut dapat dicari dengan cara lain, sekarang pelajari uraian berikut.Pecahan-senilai

Dari uraian di atas, tampak bahwa cara menentukan pecahan senilai dapat dilakukan dengan mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama.

Misalnya, jika diketahui pecahan m/n dengan m, n ≠ 0 maka berlaku (m × a)/(n × a) atau (m : b)/(n : b), di mana a, b konstanta positif bukan nol.

Untuk memantapkan pemahaman Anda tentang pecahan senilai, silahkan simak contoh soal di bawah ini.

Contoh Soal

Tentukan lima pecahan yang senilai dengan pecahan berikut.

  1. 2/3
  2. 28/42

Penyelesaian:

Seperti yang sudah dijelaskan di atas bahwa pecahan senilai dapat ditentukan dengan cara mengalikan atau membagi pembilang dan penyebutnya dengan bilangan yang sama.

1. Karena pembilang dan penyebut pada pecahan 2/3 tidak bisa dibagi lagi maka dikalikan:Contoh-pecahan-senilai

Jadi, lima pecahan yang senilai dengan 2/3 adalah 6/9, 8/12, 10/15, 12/18, dan 14/21.

b. Pecahan yang senilai dengan 28/42 yakni:Contoh-Soal-pecahan-senilai

Jadi, lima pecahan yang senilai dengan 28/42 adalah 14/21, 2/3, 56/84, 84/126, dan 112/168.

Demikianlah pembahasan singkat tentang Pengertian Pecahan Senilai dari admin, semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan bagi para pembaca setia tarokutu.com. Jangan lupa lihat juga Jenis-Jenis Segitiga.

Pengertian Pecahan Senilai | admin | 4.5