Pengertian Sejarah secara Etimologi

Pengertian Sejarah secara Etimologi – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi informasi mengenai Pengertian Sejarah secara Etimologi. Khusus bagi anda yang ingin menambah wawasan dalam masalah Sejarah. Berbicara tentang sejarah sunggu sangat menyenangkan karena kita bisa mengetahui hal-hal yang sudah lalu dan penuh misteri, walaupun kita sendiri tidak mengalaminya.

Sejarah merupakan kejadian masa lampau yang tak boleh kita lupakan, karena tanpa adanya sejarah kita tidak akan ada pada zaman seperti sekarang ini. Oleh karena itu saya akan berbagi sedikit informasi tentang pengertian sejarah.Pengertian Sejarah secara Etimologi

Pengertian Sejarah Secara Etimologi

Kata sejarah secara harafiah berasal dari kata Arab (شجرة: šajaratun) yang artinya pohon. Dalam bahasa Arab sendiri, sejarah disebut tarikh (تاريخ ). Adapun kata tarikh dalam bahasa Indonesia artinya kurang lebih adalah waktu atau penanggalan. Kata Sejarah lebih dekat pada bahasa Yunani yaitu historia yang berarti ilmu atau orang pandai. Kemudian dalam bahasa Inggris menjadi history, yang berarti masa lalu manusia. Kata lain yang mendekati acuan tersebut adalah Geschichte yang berarti sudah terjadi.

Untuk lebih lengkapnya, perhatikan penjelasan berikut.

Marilah kita pelajari perbedaan arti kata sejarah menurut Arab, Inggris, Yunani dan Jerman sebagai berikut :

  1. Arti kata sejarah menurut bahasa Arab

Dalam bahasa Arab sejarah berasal dari kata syajaratun yang artinya pohon. Maka sejarah sama artinya dengan sebuah pohon yang terus berkembang mulai dari tingkat yang sederhana sampai pada tingkat yang lebih kompleks dan lebih maju. Di mana proses pertumbuhan pohon itu sendiri dimulai dari akar yang kemudian membentuk dahan, cabang, ranting dan daun.

Demikian pula sejarah perkembangan umat manusia yang dimulai dari sepasang umat manusia yang terus melahirkan keturunannya. Dari keturunannya tersebut maka umat manusia dapat berkembang biak sampai terbentuk menjadi bangsa dan suku-suku bangsa.

  1. Arti kata sejarah menurut bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris sejarah berasal dari kata history yang artinya masa lampau umat manusia. Setiap manusia mempunyai masa lampau, baik yang menyenangkan atau yang menyedihkan, yang dapat menimbulkan kenangan maupun yang dapat membawa perubahan bagi orang lain.

  1. Arti kata sejarah menurut bahasa Yunani

Dalam bahasa Yunani sejarah berasal dari kata historia yang artinya apa yang diketahui, sehingga berhubungan dengan pengetahuan. Sejarah berhubungan dengan perkembangan pengetahuan umat manusia mulai dari yang sifatnya sederhana sampai yang paling kompleks.

Pada awalnya manusia tidak dapat membaca dan menulis, karena pertumbuhan organ-organ fisiknya belum sempurna. Hal ini dialami oleh manusia praaksara jenis Meganthropus, Pithecantropus dan Homo. Tetapi setelah organ fisik manusia seperti mulut, bibir dan lidah, otak dan lain-lain berkembang dengan lebih sempurna, maka dapat digunakan untuk berbicara, berpikir serta aktifitas-aktifitas yang lain.

  1. Arti kata sejarah menurut bahasa Jerman

Dalam bahasa Jerman sejarah berasal dari kata geschicht yang artinya sesuatu yang telah terjadi. Kata sejarah baik yang berasal dari bahasa Jerman geschicht maupun Inggris history kedua memiliki kesamaan arti. Yang dimaksud dengan sesuatu yang telah terjadi adalah masa lampau umat manusia. Karena masa lampau umat manusia berhubungan dengan kajadian atau peristiwa yang pernah dialaminya.

Dalam istilah bahasa-bahasa Eropa, asal-muasal istilah sejarah yang dipakai dalam literatur bahasa Indonesia itu terdapat beberapa variasi, meskipun begitu, banyak yang mengakui bahwa istilah sejarah berasal-muasal,dalam bahasa Yunani historia. Dalam bahasa Inggris dikenal dengan history, bahasa Prancis historie, bahasa Italia storia, bahasa Jerman geschichte, yang berarti yang terjadi, dan bahasa Belanda dikenal gescheiedenis.

Melihat pada makna secara kebahasaan dari berbagai bahasa di atas dapat ditegaskan bahwa pengertian sejarah menyangkut dengan waktu dan peristiwa. Oleh karena itu masalah waktu penting dalam memahami satu peristiwa, maka para sejarawan cenderung mengatasi masalah ini dengan membuat periodisasi.

Demikianlah info singkat dari admin tarokutu.com tentang Pengertian Sejarah secara Etimologi yang bisa dibagikan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Sejarah. [ps]

Pengertian Sejarah secara Etimologi | admin | 4.5
Leave a Reply