Permainan Pelajaran Matematika

Permainan Pelajaran Matematika – Pelajaran Matematika salah pelajaran yang peminatnya boleh dikatakan sedikit, karena pelajaran yang satu ini membutuhkan intelegensi tinggi. Tapi apakah hal itu benar? itu salah satu yang muncul di benak admin ketika menulis artikel Permainan Pelajaran Matematika.

Pelajaran Matematika sebenarnya pelajaran yang mudah dan tidak sulit, hanya saja matematika di mata sebagian besar orang susah dan sulit. Kata inilah yang perlu dihilangkan! karena semakin matematikan dianggap pelajaran sulit dan susah, maka membuka kesempatan lebih besar untuk tidak menyukai pelajaran ini.

Berbagai cara para pakar membuat metode, strategi dalam pembelajaran matematika agar mudah untuk dipahami. Salah satu yang banyak dikembangkan adalah metode permainan. Metode ini biasanya diterapkan pada siswa SD, untuk menumbuhkembangkan minat anak pada pelajaran Matematika.

Permainan Pelajaran Matematika Tembak-Tembakan

Permainan Pelajaran Matematika bisa kita lakukan dalam kelas seperti langkah-langkah berikut ini.

Satu tim terdiri dari 3 orang (harus). Semua jenis operasi perhitungan matematika dapat digunakan dalam permainan ini dan dapat juga dengan pembatasan nilai tertentu, misalnya perkalian hingga 10, penjumlahan maksimal 50, dst.Permainan Pelajaran Matematika

Berikut adalah tahap persiapan untuk bermain permainan ‘tembak-tembakan matematika’ ini:

  1. Siswa dibagi kedalam kelompok-kelompok, di mana dalam satu kelompok harus terdiri dari 3 orang siswa. Kita bisa membagi kelompok dengan cara yang unik, seperti dengan nyayian atau gerakan agar suasana kelas menjadi riang.
  2. Setelah terbagi menjadi beberapa kelompok, siswa dalam kelompok diminta untuk berbaris berbanjar ke belakang (lihat gambar). Semua kelompok diminta membentuk setengah lingkaran menghadap ke guru.
  3. Minta masing-masing kelompok menentukan nama kelompok. Nama kelompok dapat ditulis di kertas dan ditempel di dada murid paling depan, atau siswa yang berada paling depan memegang benda yang sesuai dengan nama kelompok mereka (misalnya memegang pensil, nama kelompoknya pensil, dst).
  4. Siswa yang berada paling depan dalam kelompok, diminta untuk jongkok. Siswa yang berada di tengah sedikit membungkuk ke depan, sedangkan yang paling belakang berdiri. Minta siswa untuk saling memegang pundak teman satu kelompoknya.

Langkah-langkah Permainan Matematika

  1. Siswa yang berada di baris paling belakang bertugas untuk meneriakan kata “TEMBAK” sekaligus nantinya yang harus meneriakan jawaban dari pertanyaan dari tim lawan.
  2. Siswa yang berada di baris kedua bertugas meneriakan “SOAL/Pertanyaan” operasi perhitungan matematika, misalnya 4×6!!, 7×5!!, dll.
  3. Siswa di baris paling depan bertugas memilih kelompok lain yang dijadikan sasaran tembak. Siswa ini harus membuat bentuk pistol dengan tangannya dan mengarahkan ujung pistol (tangan) tersebut ke kelompok yang disasar sambil meneriakan nama kelompok sasaran dan berteriak DOR!, misalnya nama kelompok yang ditarget adalah ‘Matahari’, maka ia harus berteriak “MATAHARI, DORR!!!”.
  4. Kelompok yang ditembak, harus menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh kelompok lawan. Jawaban dari pertanyaan harus dipikirkan oleh masing-masing anggota kelompok, namun jawabannya diteriakan oleh baris paling belakang.
  5. Jika jawaban benar, maka baris kedua harus meneriakan SOAL/PERTANYAAN, kemudian dilanjutkan baris ketika dengan meneriakan nama kelompok sasaran lalu DORR!!.
  6. Begitu seterusnya permainan ini berlangsung.
  7. Kelompok yang salah menjawab, dinyatakan gugur. Sedangkan yang memberi pertanyaan itu berhak menembak lagi kelompok lain.
  8. Untuk memilih kelompok mana yang pertama kali menembak, ditentukan dengan ‘hompimpah’.
  9. Kelompok yang bertahan paling akhir adalah juaranya.

Contoh Permainan Matematika

  1. Ada 5 kelompok: Matahari, Bulan, Bintang, Bumi, Satelit
  2. Setelah hompimpah, Matahari giliran menembak pertama.
  3. Baris paling belakang Matahari berteriak “TEMBAK!!”, baris kedua “7×5!!!”, siswa paling depan berteriak sambil menunjuk kelompok sasaran “Bulan, DORRR!!”.
  4. Bulan harus menjawab. Setelah mereka bermusyawarah, baris paling belakang Bulan berteriak “35, TEMBAK!!, baris kedua “4×4!!”, paling depan “Bintang, DORR!!”.
  5. Misalnya Bintang menjawab “12!!”, jawabannya salah, maka kelompok Bintang gugur. Kelompok Bulan berhak menembak lagi kelompok lain yang masih tersisa.
  6. Begitu seterusnya sampai kelompok yang bertahan paling akhir adalah pemenangnya.

Pelajaran yang Diambil

Dalam permainan ini siswa dilatih untuk berkonsentrasi dan fokus pada tugasnya masing-masing. Tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan bukan siswa di baris belakang, melainkan tanggung jawab seluruh anggota kelompok. Karena itu, semua anggota tim harus bekerja sama agar jawaban yang diteriakan adalah benar.

Baca : Matematika SMP Kelas 8

Pendidikan Karakter yang Disisipkan

  • Siswa belajar berkompetisi secara jujur
  • Siswa belajar untuk bekerjasama dalam tim
  • Siswa belajar bahwa kelangsungan suatu kelompok/tim tergantung dari seorang anggotanya. Karenanya 1 orang dalam tim bekerja dengan baik, maka tim pun bekerja dengan baik.

Menarik bukan? dibutuhkan inovasi dan kreatifitas dalam merancang sebuah Permainan Pelajaran Matematika untuk memotivasi siswa agar menyenangi Matematika. Anda bisa mencoba berbagai trik untuk membuat sebuah permainan agar siswa tidak bosan dan menganggap matematika itu menyenangkan, tidak susah dan tidak sulit.

Demikianlah info Permainan Pelajaran Matematika dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Permainan Pelajaran Matematika | admin | 4.5