Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto

Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto – Pada pembahasan Matematika SMP Kelas 7 kali ini adalah Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto, sebelumnya kita sudah membahas Aritmetika Sosial dalam Kegiatan Ekonomi

Agar anda bisa memahami dengan baik apa itu Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto? Silahkan ikutti dengan baik peenjelasan lengkap Rabat (Diskon), Bruto, Tara, dan Neto. Apa sih sebenarnya kegunaan mempelajari materi ini? Materi ini sangat bermanfaat nantinya kalau anda ingin melakukan proses jual beli dalam kehidupan sehari-hari. Apa anda selaku pembeli ataupun penjual.

Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto

Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto

 

Rabat (Diskon)

Rabat artinya potongan harga atau lebih dikenal dengan istilah diskon. Pernahkah kalian pergi ke swalayan menjelang hari raya atau tahun baru? Biasanya menjelang hari raya atau tahun baru, toko-toko, supermarket atau swalayan memberikan potongan harga untuk menarik para pembeli yang akan berbelanja. Potongan harga inilah yang disebut rabat ( diskon). Biasanya d iskon ( rabat) ini diperhitungkan dengan persen.

Dalam pemakaiannya, terdapat perbedaan istilah antara rabat dan diskon. Istilah rabat digunakan oleh produsen kepada grosir, agen, atau pengecer, sedangkan istilah diskon digunakan oleh grosir, agen, atau pengecer kepada konsumen.

Contoh Soal

Seseorang membeli baju di Toko Anugerah seharga Rp 85.000,00. Toko tersebut memberikan diskon 20% untuk setiap pembelian. Berapakah uang yang harus ia bayar?Rabat-Diskon-Bruto-Tara-dan-Neto

Dari uraian di atas dapat disimpulkan sebagai berikut.

Harga bersih = harga kotor – rabat (diskon)

dimana:

harga kotor adalah harga barang sebelum dipotong rabat (diskon).

harga bersih adalah harga barang sesudah dipotong rabat (diskon).

Bruto, Tara, dan Neto

Coba perhatikan pada saat kalian membeli makanan kecil atau saat ibu membeli gula pasir. Berat barang yang kalian beli merupakan berat kotor, artinya berat makanan kecil ditambah berat kemasannya. Berat kemasan barang seperti plastik, karung, kertas disebut tara. Berat barang beserta kemasannya disebut berat kotor atau bruto, sedangkan berat barangnya saja disebut berat bersih atau neto. Dengan demikian dapat disimpulkan sebagai berikut.

Bruto = neto + tara

Neto = bruto – tara

Tara = bruto – neto

Jika diketahui persen tara dan bruto, kalian dapat mencari

tara dengan rumus berikut.

Tara = persen tara x bruto

Untuk menentukan harga bersih setelah memperoleh

potongan berat (tara) dapat dirumuskan sebagai berikut.

Harga bersih = neto x harga/satuan berat

Contoh Soal

Ibu membeli 5 kaleng susu. Di setiap kaleng itu tertulis neto 1 kg. Setelah ditimbang ternyata berat seluruh kaleng susu tersebut 6 kg. Berapakah bruto dan tara setiap kaleng?

Penyelesaian:

Bruto setiap kaleng = 6 kg : 5 = 1,2 kg

Tara setiap kaleng = 1,2 kg – 1 kg = 0,2 kg

Baca juga :

Demikianlah info singkat dari admin tarokutu.com tentang Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Matematika. [tu]

Rabat Diskon, Bruto, Tara, dan Neto | admin | 4.5