Rumus Kimia Alkohol

Rumus Kimia Alkohol – Alkohol merupakan salah satu produk kimia yang sering diproduksi di negara bagian barat karena iklim di sana terdapat musim dingin. Alkohol ini biasanya dikomsumsi pada musim dingin untuk membantu menghangatkan tubuh. Tapi apakah anda tahu bagaimana Rumus Kimia Alkohol?

Rumus kimia alkohol adalah R – OH atau juga ditulis sebagai CnH(2n+2)O. Senyawa alkohol dapat dibedakaan berdasarkan jumlah gugus fungsi hidroksil yang dimilikinya. Monoalkohol adalah alkanolyang mempunyai satu gugus –OH  dengan rumus molekul secara umum yaitu CnH2n+1OH. Contohnya metanol yang memiliki struktur CH3-OH. Dialkohol adalah alkanol yang mempunyai dua gugus –OH biasa disebut diol. Rumus molekul dialkohol secara umum yaitu CH2n(OH)2 dengan n = 2, 3, 4,… Contoh dialkohol yaitu 1,2-etanadiol dengan struktur HO-CH2– CH2-OH. Alkhol yang memiliki tiga gugus fungsi –OH disebut trialkohol. Polialkohol adalah senyawa alkanol yang memiliki banyak gugus –OH.Rumus Kimia Alkohol

Secara umum alkohol memiliki beberapa manfaat, sebagai berikut.

  • Alkanol banyak dimanfaatkan sebagai pelarut, misalnya pelarut kosmetik (astringent) dan bedak cair.
  • Bahan antiseptik, misalnya untuk sterilisasi alat – alat kedokteran.
  • Bahan bakar, misalnya spirtus yang merupakan campuran etanol dan metanol. Spirtus diberi zat warna untuk menandai bahwa spirtus bersifat racun agar tidak diminum, sebab metanol merupakan senyawa alkanol yang beracun dan dapat menimbulkan kebutaan.
  • Sebagaai bahan baku untuk membuat senyawa kimia lainnya, misalnya pembuatan asam cuka.
  • Etilen glikol (etanadiol) digunakan sebagai zat anti beku yang ditambahkan pada air radiaator mobil di negara dengan empat musim.

Tata nama alkohol yang sesuai dengan IUPAC untuk alkanol, yaitu dengan mengganti akhiran –a pada nama alkana rantai induk menjadi –ol. Alkohol adalah nama lazim untuk alkanol. Cara penulisan nama lazim alkohol (nama trivial) yaitu alkil alkohol. Contoh senyawa alkanol dan penamaannya sebagai berikut.

Tabel contoh senyawa alkanol

Nama senyawa alkanol Struktur molekul alkanol
Metanol CH3-OH
Etanol C2H5-OH
Propanol C3H7-OH
Butanol C4H9-OH
Pentanol C5H11-OH
Heksanol C6H13-OH
Heptanol C7H15-OH
Oktanol C8H17-OH

Dari penjelasan di atas kita bisa ketahui rumus kimia alkohol secara umum adalah CnH(2n+2)O dan alkohol memiliki beberapa varian yang masing-masing memiliki gugus fungsi -OH yang berbeda. Alkohol ternyata memiliki manfaat bagi kehidupan manusia, hanya saja alkohol sering disalah gunakan oleh orang-orang tidak bertanggunjawab.

Baca :

Demikianlah info Rumus Kimia Alkohol dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Rumus Kimia Alkohol | admin | 4.5