Rumus Kimia Glukosa

Rumus Kimia Glukosa – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi informasi mengenai Rumus Kimia Glukosa. Apa itu Glukosa? Glukosa berasal dari bahasa Yunani yaitu glukus yang berarti manis. Dekstrosa adalah nama lain dari glukosa dan memang rasa aslinya pun adalah manis.

Glukosa adalah zat di dalam darah yang asalnya dari karbohidrat di dalam makanan maupun minuman yang setiap hari kita konsumsi, jadi dapat dikatakan bahwa asal glukosa adalah dari luar tubuh kita. Glikogen adalah bentuk setelah glukosa disimpan di dalam tubuh dan glikogen ini berada di otot rangka tubuh serta organ hati. Somastostasin, glucagon dan insulin adalah sejumlah faktor utama yang memengaruhi jumlah glukosa pada tubuh dan hormon-hormon tersebut adalah yang kelenjar pankreas produksi selama ini.Rumus Kimia Glukosa

Rumus Kimia Glukosa adalah :

C6H12O6

Manfaat Glukosa

  1. Sebagai Penyedia Tenaga

Selain karbohidrat serta lemak dan protein, glukosa pun menjadi zat penting dalam menyediakan energi yang besar di mana tubuh akan memanfaatkannya sebagai bahan proses fermentasi, respirasi anaerobic, dan respirasi aerobic.

  1. Sebagai Pendukung Proses Metabolisme

Untuk proses metabolisme pada tubuh supaya lancar dan sempurna, glukosa turut memegang peranan penting karena memang tubuh menggunakannya agar proses metabolisme berjalan baik. Aliran glukosa dalam darah dapat terserap secara langsung ke jaringan dan sel-sel tubuh sebagai sumber tenaga utama tadi.

  1. Sebagai Bahan Bakar Otak

Penting untuk diketahui bahwa perkembangan sel-sel darah merah, neuron serta otak hanya membutuhkan glukosa untuk tenaga dan apabila sewaktu-waktu asupan karbohidrat tak terpenuhi dengan baik, stok glikogenlah yang akan ditarik oleh tubuh kita untuk mendukung fungsi otak.

  1. Sebagai Pengatur Suhu Tubuh

Pada proses fisiologis, seperti halnya pengaturan suhu tubuh, glukosa pun punya peran vital yang tak bisa diabaikan. Setengah dari energi yang tubuh perlukan akan kemudian dipasok oleh karbohidrat serta glukosa yang tersimpan di mana kita menyebutnya dengan istilah glikogen.

  1. Sebagai Analit pada Proses Tes Darah

Pada setiap tes darah, glukosa ini rupanya adalah analit. Normalnya, kadar glukosa yang ada pada amnusia adalah sekitar 70-100 miligram pada setiap 100 ml darah dan ketika seseorang mendapat asupan karbohidrat lebih banyak serta sumber makanan yang mengandung gula, kadar glukosa dipastikan akan bertambah.

  1. Memperbaiki dan Memulihkan Otot

Glukosa rupanya sangat vital dalam perbaikan dan pemulihan otot terutama setelah otot bekerja banyak ketika kita berolahraga. Kalau biasanya protein adalah zat yang tampak begitu penting untuk kinerja otot, glukosa yang berasal dari karbohidrat pun sangat baik karena otot mendapatkan energi dari glukosa ini.

Demikianlah informasi Rumus Kimia Glukosa dari admin tarokutu.com, semoga bisa memberikan manfaat buat kita semua. [tu]

Rumus Kimia Glukosa | admin | 4.5