Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI

Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi informasi mengenai Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI. Pemufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia (PPPKI), merupakan badan kesatuan partai-partai politik Indonesia. PPPKI didirikan pada 17 Desember 1927. Sebagai pelopor pembentukan PPPKI adalah Partai Nasional Indonesia, ketuanya Ir. Soekarno.

Organisasi-organisasi yang tergabung dalam PPPKI adalah Partai Nasional Indonesia, Budi Utomo, Sarikat Islam, Paguyuban Pasundan, Sumatranen Bond, Kaum Betawi, Indonesische Studie Club, dan Algemene Studie Club.

Tujuan PPPKI yang utama adalah:

  1. mencapai persamaan arah aksi kebangsaan dari berbagai perkumpulan;
  2. menghindarkan perselisihan antar anggota yang merugikan perjuangan;
  3. memperkuat dan memperbaiki organisasi.
Pada 1933, Permufakatan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kebangsaan Indonesia, berubah namanya menjadi Persatuan Perhimpunan-perhimpunan Politik Kemerdekaan Indonesia. Dengan terbentuknya PPPKI diharapkan akan terjadi interaksi ke arah persatuan antara organisasi-organisasi yang menjadi anggota PPPKI. Akan tetapi, karena perbedaan asas dan dasar dari partai-partai yang menjadi anggota tidak dapat dipertemukan, PPPKI akhirnya tidak mempunyai kekuasaan. Pada 1935 PPPKI dibubarkan karena partai-partai non kooperasi banyak yang keluar dari keanggotaan PPPKI.Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI

Upaya PPPKI yang memberikan sumbangan terhadap perjuangan Bangsa Indonesia adalah sebagai berikut:

  • PPPKI mendirikan badan yang bertugas memberikan bantuan terhadap pembebasan pelajar di negeri Belanda.
  • PPPKI mengadakan rapat tahun 1930 karena terjadinya penangkapan terhadap para pemimpin Frond Nasionalyang diharapakan dapat memberikan bantuan terhadap keluarga yang ditinggalkan karena masuk penjara Belanda.
  • PPPKI ikut menghadiri Kongres Indonesia Raya tahun 1932. Dalam kongres itu diusahakan peredaan ketegangan diantara organisasi-organisasi politik yang ada di  Indonesia.

Pendirian PPPKI atas usul PNI bersama-sama Sarekat Islam, BU, Pasundan, Sumatransche Bond, Kaum Betawi, Indonesische Studie Club, dan Algmeen Studie Club. Kesepakatan itu terjadi dalam rapat tanggal 17 sampai 18 Desember 1927. Tujuan yang ingin dicapai dari federasi ini adalah kesatuan aksi dalam menghadapi imperialisme Belanda. Sebagai suatu federasi dari gerakan kebangsaan PPPKI, mampu mengordinasikan gerakan yang ada, baik yang radikal maupun yang maderat.

Demikianlah info singkat dari admin tarokutu.com tentang Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI yang bisa dibagikan untuk anda. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan dalam masalah Sejarah Indonesia. [tu]

Sejarah Munculnya Organisasi Pergerakan Nasional PPPKI | admin | 4.5
Leave a Reply