Sifat Sifat Persegi Panjang

Sifat Sifat Persegi Panjang – Pada kesempatan ini admin tarokuutu.com akan berbagi tentang Sifat-sifat Persegi Panjang, sebelumnya admin juga sudah berbagi tentang Menempatkan Persegi Panjang pada Bingkainya.

Sifat Sifat Persegi Panjang

Perhatikan Gambar berikut.Sifat-sifat-Persegi-Panjang

Jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis k, persegi panjang itu akan menempati bingkainya, sehingga titik A akan menempati titik B, dan titik B akan menempati titik A, ditulis A↔B. Demikian halnya kita peroleh D↔C, sehingga AD↔BC. Hal ini berarti AD = BC.

Selanjutnya, jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis l, persegi panjang itu akan menempati bingkainya seperti Gambar berikut.Sifat-Persegi-Panjang

Berdasarkan Gambar di atas, diperoleh bahwa A↔D, B↔C, dan AB↔DC. Hal ini berarti AB = DC.

Dari pengamatan tersebut dapat dikatakan bahwa jarak AD dan BC selalu tetap. Demikian halnya dengan jarak AB dan DC. Oleh karena itu, AD sejajar BC dan AB sejajar DC.

Sisi-sisi yang berhadapan dari suatu persegi panjang adalah sama panjang dan sejajar.

Selanjutnya, kita akan menyelidiki panjang diagonal-diagonal persegi panjang. Baliklah persegi panjang ABCD dengan diagonal BD menurut garis ksehingga menempati bingkainya kembali seperti Gambar berikut.Persegi-Panjang-1

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh A↔B, D↔C, BD↔AC, dan BD = AC. Sekarang, putarlah persegi panjang ABCD sejauh setengah putaran (180°), dengan diagonal-diagonal AC dan BD berpotongan di titik O.

Dari pemutaran tersebut, diperoleh O↔O, A↔C, B↔D, sehingga OA↔OCdan OB↔OD. Hal ini berarti OA = OC dan OB = OD.

Diagonal-diagonal dari suatu persegi panjang adalah sama panjang dan saling membagi dua sama besar .

Untuk menyelidiki besar sudut pada persegi panjang, baliklah persegi panjang ABCD menurut garis k, sehingga dapat menempati bingkainya.Persegi-Panjang-ABCD-1

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh bahwa ‘∠‘DAB↔∠‘CBA dan ‘∠‘ADC↔‘∠‘BCD. Dengan demikian,‘ ∠‘DAB = ‘∠‘CBA dan ‘∠‘ADC = ‘∠‘BCD.

Selanjutnya, jika persegi panjang ABCD dibalik menurut garis l, persegi panjang ABCD akan menempati bingkainya seperti pada Gambar berikut.Sifar-Persegi-Panjang-ABCD

Berdasarkan Gambar di atas, kita peroleh bahwa ∠‘DAB ↔∠‘ADC dan ‘∠‘ABC↔∠‘BCD. Dengan demikian, ‘∠‘DAB = ‘∠‘ADC dan ‘∠‘ABC = ‘∠‘BCD. Akibatnya, ‘∠‘DAB = ‘∠‘ADC =‘∠‘BCD = ‘∠‘CBA. Jadi, semua sudut pada persegi panjang adalah sama besar, yaitu 90°.

Setiap sudut persegi panjang adalah sama besar dan merupakan
sudut siku-siku (90°).

Dari uraian di atas diperoleh sifat-sifat persegi panjang sebagai berikut.

a. Mempunyai empat sisi, dengan sepasang sisi yang berhadapan sama panjang dan sejajar.

b. Keempat sudutnya sama besar dan merupakan sudut sikusiku (90°).

c. Kedua diagonalnya sama panjang dan berpotongan membagi dua sama besar .

d. Dapat menempati bingkainya kembali dengan empat cara.

Sifat Sifat Persegi Panjang | admin | 4.5