Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh

Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh – Pernahkah Anda mengalami luka tersayat benda tajam atau luka bakar dan sejenisnya, namun sulit untuk sembuh? Ternyata proses penyembuhan luka setiap orang berbeda-beda, ini dikarenakan ada beberapa faktor yang mempengaruhinya.Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh

Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh

Ada faktor sederhana yang seringkali diabaikan oleh banyak orang dan membuat luka menjadi sulit untuk sembuh.

  1. Kebutuhan Nutrisi Yang Buruk

Agar luka menjadi cepat sembuh, diperlukan kebutuhan nutrisi yang bagus. Pada saat terluka, tubuh lebih membutuhkan banyak vitamin C, vitamin A, kalori hingga protein lebih banyak dibandingkan biasanya. Beberapa makanan yang sebaiknya dikonsumsi diantaranya adalah telur, brokoli, daging merah hingga buah jeruk.

  1. Terjadi Infeksi

Seringkali infeksi pada luka tidak disadari oleh banyak orang. Apabila luka tersebut mengalami infeksi, maka akan menghambat proses penyembuhan. Oleh karena itu, menjaga kebersihan pada sekitar bagian luka sangatlah penting.

Pemilihan obat juga tidak kalah penting. Penggunaan obat yang salah dapat mempengaruhi kondisi luka. Anda dapat menggunakan obat untuk membersihkan luka pada link berikut https://www.goapotik.com/produk/hemolok-1-botol-100-ml.

  1. Trauma

Trauma yang dimaksudkan disini adalah sebelum terjadi luka tersebut Anda mengalami cedera beberapa kali. Kondisi ini menjadi salah satu faktor penyebab proses penyembuhan luka menjadi lebih lama. Terlebih apabila luka tersebut secara tidak sengaja terkena benda-benda tumpul ataupun permukaannya tergesek sesuatu.

  1. Faktor Usia

Semakin tinggi usia seseorang, maka tingkat penyembuhan lukanya menjadi lebih lambat. Orang-orang yang usianya di atas 50 tahun akan lebih rentan terhadap serangan penyakit dan fungsi sistem endoktrinnya mengalami penurunan. Kondisi ini tentunya sangat berbanding terbalik dengan anak-anak dan dewasa yang proses penyembuhan lukanya lebih cepat.

  1. Kebiasaan Merokok

Salah satu cara agar luka lama sembuh seperti semula adalah menghindari kebiasaan merokok. Kebiasaan buruk ini tidak hanya meningkatkan resiko penyakit kanker paru-paru saja, namun ternyata dapat menghambat proses penyembuhan luka. Kondisi ini disebabkan karena kandungan nikotin pada rokok dapat membuat aliran darah menjadi menurun.

  1. Penggunaan Obat Yang Salah

Pada beberapa jenis obat-obatan tertentu justru dapat memperlambat proses penyembuhan luka. Beberapa jenis obat yang dapat memperlambat penyembuhan diantara adalah jenis obat antiradang non-streoid, sitotoksik, imunosupresif hingga antikoagulan. Sebaiknya Anda konsulitasikan kepada dokter dan jangan sembarangan menggunakan obat penyembuh luka.

Penyebab Luka Sulit Untuk Sembuh | admin | 4.5