Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik

Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik – Pada kesempatan ini admin tarokutu.com akan berbagi informasi mengenai Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik. Di sini admin akan membagikan beberapa hal penting ketika kita ingin mempelajari Induksi Elektromagnetik disertai Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik.

Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik

Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik

1. Induksi elektromagnetik yaitu peristiwa timbulnya ggl induksi pada ujung-ujung kumparan karena adanya perubahan fluks magnetik yang dilingkupi oleh kumparan tersebut.

2. Fluks magnetik yaitu banyaknya jumlah garis gaya magnet yang menembus permukaan bidang tiap satu satuan luas secara tegak lurus.

Φ = B A atau Φ = B A cos θ

3. Hukum Faraday berbunyi: besarnya ggl induksi yang terjadi pada ujung-ujung kumparan berbading lurus dengan jumlah lilitan kawat pada kumparan dan kecepatan perubahan fluks magnetiknya.

4. Kecepatan perubahan fluks magnetik dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain :

a. Perubahan luas penampang

ε = B l v sin θ

b. Perubahan induksi magnetiknya

\varepsilon =-NA\frac{dB}{dt}

c. Perubahan sudut antara garis normal dan arah induksi magnet.

E = BAN ω sin ωt

5. Hukum Lenz berbunyi: jika ggl induksi timbul pada suatu rangkaian, maka arah arus induksi yang dihasilkan sedemikian rupa menimbulkan medan magnet induksi yang menentang perubahan medan magnet.

6. Besarnya ggl induksi diri yang timbul pada ujung-ujung kumparan yang disebabkan adanya perubahan arus listrik di dalam kumparan dinyatakan :

\varepsilon =-L\frac{dl}{dt}

7. Energi yang tersimpan pada sebuah induktor yang dialiri arus listrik akan berupa energi medan magnet yang besarnya dinyatakan :

W = ½ L I²

8. Besarnya induktansi diri sebuah kumparan dinyatakan :

L=\frac{\mu N^{2}A}{l}

Sebuah kumparan mempunyai induktansi diri sebesar 1 henry apabila pada kumparan tersebut timbul perubahan arus 1 ampere tiap detiknya, maka pada ujungujung kumparan timbul ggl sebesar 1 Volt.

9. Besarnya induktansi silang sepasang kumparan dapat dinyatakan :

M=\frac{\mu _{0}N_{1}N_{2}A}{l}

Sepasang kumparan mempunyai induktansi silang/timbal balik sebesar 1 henry apabila timbul perubahan kuat arus sebesar 1 ampere tiap detik pada kumparan yang pertama akan menimbulkan ggl sebesar 1 volt pada kumparan yang lainnya.

Baca :

10. Pemanfaatan induksi elektromagnetik dalam bidang teknologi yaitu pada generator (dinamo), transformator, kumparan Rumhkorf dan bel listrik. [tu]

Rumus Fisika Induksi Elektromagnetik | admin | 4.5