Syarat Dua Bangun Datar Sebangun

Syarat Dua Bangun Datar Sebangun –  Jika kamu amati uang pecahan Rp50,00 dan Rp100,00 yang terbuat dari logam aluminium akan tampak bahwa gambar burung Garuda di dua uang logam itu sama tetapi ukurannya berbeda. Permukaan kedua uang pecahan itu dapat dipandang sebagai bangun datar.

Uang logam

Uang logam

Amatilah pasangan bangun-bangun berikut ini.

Pasangan Bangun-Bangun

Pasangan Bangun-Bangun

Manakah pasangan bangun yang bentuknya berbeda? Jelaskan.

Manakah pasangan bangun yang bentuknya sama tetapi ukurannya berbeda? Jelaskan

Bagaimana dua bangun datar dikatakan sebangun? Apakah segiempat ABCD dan segiempat EFGH di bawah ini sebangun?segiempat-ABCD

Sudut-sudut yang bersesuaian dari ABCD dan EFGH sama besar yaitu: ∠‘A = ‘∠E , ‘∠B = ‘ ∠F , ‘ ∠C = ‘ ∠G , ‘ ∠D = ‘ ∠H. Sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama yaitu:Perbandingan

Karena sudut-sudut yang bersesuaian sama dan sisi-sisi yang seletak sebanding, maka segiempat ABCD sebangun dengan segiempat EFGH atau ditulis ABCD ≈ EFGH. Sekarang menurut kamu, apakah syarat dari dua bangun datar yang sebangun? Apakah sudut-sudut yang bersesuaian harus sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding?

Sebangun : Dua bangun datar dikatakan sebangun jika sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.

Contoh Soal

1. Apakah dua persegipanjang yang masing-masing berukuran 12 cm x 8 cm dan 6 cm x 4 cm sebangun? Segiempat

Jawab :

Semua sudut persegipanjang masing-masing siku-siku dengan demikian sudut-sudut yang bersesuaian besarnya sama yaitu 90°.

Perbandingan panjang 12/6= 2.

Perbandingan lebar 8/4= 2.

Karena sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian mempunyai perbandingan yang sama maka kedua persegipanjang tersebut sebangun. Dari contoh dan penjelasan di depan diperoleh bahwa untuk menunjukkan apakah dua bangun itu sebangun perlu dicari terlebih dahulu sudut-sudut yang bersesuaian sama besar dan sisi-sisi yang bersesuaian sebanding.

2. Seorang tukang akan memasang ubin berbentuk segitiga dalam suatu ruang. Ubin sebenarnya seperti Gambar berikut. Model Ubin

Tukang itu membuat model ubin seperti gambar di bawah. Gambar ubin

Apakah model di samping sesuai dengan ubin yang akan dipasangkan?

Jawab:

Ubin aslinya berbentuk segitiga siku-siku dengan ukuran 1 m × 1 m. Ubin model bentuknya sama, yaitu segitiga siku-siku ukuran 20 cm × 20 cm. Sudut-sudut yang bersesuaian sama dan panjang sisi-sisi yang bersesuaian sebanding, sehingga kedua bangun itu sebangun. Jadi model itu sesuai dengan ubin yang akan dipasangkan.

Demikianlah info Syarat Dua Bangun Datar Sebangun dari admin tarokutu.com, semoga bermanfaat. [tu]

Syarat Dua Bangun Datar Sebangun | admin | 4.5